LAMPUNG7NEWS AIR NANINGAN | Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi’i, S.Ag., Menghadiri acara Sosialisasi Pengolahan Sampah yang dilaksanakan oleh Kodim 0424 Tanggamus bertempat diGudang Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R KSM Sejahtera Pekon Air Naningan Kecamatan Air Naningan. Rabu (6/11/19).

Turut hadir Dandim 0424 Tanggamus yang diwakili oleh Bapak Umbar sebagai tim Pengolah Sampah,Camat Air Naningan Thalut, Kepala Pekon Air Naningan Munasir, Danramil Air Naningan, Para Kepala Pekon se Kecamatan Air Naningan,Uspika Kecamatn Air Naningan, serta Kepala Pekon Dusun dan Para BHP Pekon Air Naningan.

Dalam sambutan Wakil Bupati AM.Syafi’i, mengatakan  terkait dengan kegiatan sosialisasi pengolahan sampah yang diprakarsai oleh Camat Air Naningan ,saya ucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan ini dimana nantinya akan disampaikan adanya teknologi/peralatan yang dapat merubah sampah plastik melalui perlakuan dan cara tertentu menjadi bahan minyak (BBM) sehingga nantinya dari kegiatan ini akan memberikan dampak positif tidak hanya pengurangan sampah plastik dari sumbernya,tetapi juga memberikan edukasi positif ke masyarakat dengan melakukan pengolahan sampah menjadi bahan produktif.

Argumentasi yang disampaikan pada hari ini semoga bermanfaat melalui proses yang kita laksanakan, karna inilah proses yang dilakukan dari tahap sampah yang secara ekonomis bisa dimanfaatkan. Semua  yang punya peluang ayuk kita peduli sampah, tidak membuang sampah diselokan atau disungai sekitar lingkungan kita.

” Ditahun 2020 kedepan akan didorong serta diadakan alat sampah tersebut. Untuk TPS 3R pekon Air Naningan ini harapannya tentu akan menjadi salah satunya kecamatan yang pertama melakukan sosialisasi tentang pengolahan sampah, kebersihan dalam pengertian luar juga adalah dari hasil sanitasi yang kita lakukan”, Kata Wabup.

Lanjut Wabup, Saya yakin baik masyarakat dan Kecamatan Air Naningan ini warganya semangat-semangat semua untuk memajukan sosialisasi seperti ini dan punya keinginan yang sama karena betapa pentingnya pengelolaan sampah untuk kepentingan masyarakatnya sendiri. Berkaitan dengan sampah yang selalu meresahkan warga semoga dengan bersosialisasi ini bisa memberikan keuntungan yang lebih untuk masyarakat kedepannya serta mudah-mudahan  kegiatan kita hari ini bermanfaat dan betul betul yang kita harapkan, Ujarnya”.

Dandim 0424 Tanggamus yang diwakili oleh  Bapak Umbar sekaligus tim sosialisasi dari pengolah sampah, disini kami ingin sampaikan tentang alat ini. Visi kami membuat alat itu tidak bicara hasil dan tidak bicara outputnya, tapi gunanya untuk memusnahkan sampah plastik yang ada dan didaur ulang menjadi hasil yang berguna. Bicara mengenai alat tersebut gunanya untuk mengurangi limbah plastik,  dan ini adalah desa pertama dan kecamatan pertama yang dikunjungi untuk bersosialisai tentang bagaimana mengurangi limbah plastik, selanjutnya juga agar ditambah paket supaya para pemateri bisa berwisata ke kecamatan Air Naningan dengan tujuan untuk mengolah sampah-sampah Zerois yang tidak bisa diurai secara cepat, maka dari itu kita sudah usulkan dan konsepkan agar membuat destinasi tempat wisata.

Selanjutnya Camat Air Naningan Thalut, menyampaikan saya harap dengan adanya kegiatan Sosialisasi tentang pengolahan sampah ini akan  menambah wawasan dan keberanian  warga disini untuk melaksanakannya dan berkarya serta akan kita lombakan kedepannya, semoga dari pihak Pemkab Tanggamus Bupati dan Wakil Bupati mendukung semua ini agar kedepannya tercipta sumber daya manusia yang lebih baik dan berguna untuk masyarakat dan orang banyak.

Tokoh masyarakat KADRI sekaligus Ketua TPS 3R,  mengucapkan terima kasih karena kantor kami ataupun rumah sampah ini sudah diresmikan oleh bapak wakil bupati waktu itu. Selanjutnya kami mohon bantuan dukungan serta doanya supaya tempat sampah atau pengolahan ke tong sampah ini tetap berjalan dan menghasilkan. Disamping itu juga sampah masyarakat tidak berserakan di belakang rumah lagi, kemudian untuk alat – alat ini mohon dibantu juga dari Pemda Tanggamus agar kedepan Pengolahan sampah di Kecamatan Air Naningan bisa berjalan dan menghasilkan serta bermanfaat bagi warga masyarakat disini serta bisa kami terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

” Kami harapkan sampah plastik ini bisa menghasilkan dan berguna, dengan adanya program ini maka warga disini akan tahu sampah plastik ini nanti akan diolah menjadi barang bahan bensin (BBM) dan solar ada lagi pasta Mal serta sampah basah juga akan kita daur ulang. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini bisa mengurangi pengangguran serta menjadikan karyawan di sini untuk memproduksi sampah menjadi bensin dan solar dan lain sebagainya. | Khoiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *