IMG_20160622_183730

Kalianda | Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meresmikan Perpustakaan Seru Krakatau, yang berlokasi di Masjid Agung Kalianda Lampung Selatan, Rabu (22/6). Perpustakaan ini memiliki koleksi buku  48.814 buku bacaan dari 35.407 judul. Fasilitas lainnya berupa 30 unit komputer dan fasilitas internet wifi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Ketua MPR RI mengharapkan keberadaan Perpustakaan dapat meningkatkan minat baca masyarakat. Apalagi koleksi buku-buku bacaan terbilang lengkap, baik berupa buku Ilmu Pengetahuan Populer, Ilmu-ilmu terapan di bidang Pertanian, Perikanan, Peternakan dan Kewirausahaan.

“Saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan perpustakaan ini dengan optimal. Karena sebagaimana ajaran lslam pertama kali  Iqro yaitu perintah membaca. Dengan membaca dapat meningkatkan kemampuan tidak hanya secara kognitif tapi juga afektif,” ujar Zulkifli seraya mengapresiasi keberadaan Perpustakaan ini yang berasal dari dana donator bukan APBD.

Dalam peresmian tersebut, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo diwakili oleh Sekretaris Daerah Prov. Lampung Arinal Djunaidi.

Dikatakan, Pemerintah Provinsi terus berupaya melakukan “terobosan-terobosan”. Sehingga manfaat perpustakaan dapat dinikmati hingga pelosok desa. Upaya tersebut antara lain: memberikan bantuan buku dibeberapa desa di Kabupaten Lampung Selatan. Antara lain Desa Tanjung Jaya, Desa Gedung Harapan, Desa Krinjing melalui kegiatan Gerbang Desa Saburai.

“Kedepan Provinsi Lampung berencana membangun perpustakaan termegah di Indonesia sebagai pusat informasi, dokumentasi, sarana pendidikan dan pelatihan, serta tempat penelitian bagi para peneliti dan cendikiawan. Disisi lain, Perpustakaan ini juga nantinya akan dipergunakan untuk pengabdian bagi masyarakat dan memberikan fungsi rekreasi yang positif untuk pencerdasan dan tambahan pengetahuan bagi masyarakat di Provinsi Lampung,” tambah Sekda.

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan menyampaikan, Perpustakaan Seru Krakatau ini letaknya di lantai bawah Masjid Agung Kubah Intan Kalianda dalam rangka memakmurkan masjid.

“Sebagaimana fungsi masjid yaitu tempat pendidikan. Selain itu untuk mendekatkan generasi muda kepada masjid,” ujar Bupati.

Ditambahkan, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menyadari akan pentingnya budaya gemar membaca. Oleh karena itu ke depan akan dibangun perpustakaan di seluruh desa dan kelurahan yang berada dalam wilayah Lampung Selatan.

“Diharapkan kegiatan ini mendapat dukungan dari semua pihak hingga dapat berjalan dengan baik,” kata Bupati.

Seusai peresmian acara dilanjutkan dengan penyerahan buku secara simbolis dari Gubernur Lampung ke Bupati Lampung Selatan, serta penyerahan buku dari Kepala Perpustakaan Nasional kepada Kepala Badan Pengelolaan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Kab. Lampung Selatan. | red.

Baca Berita Lainnya:

Jamaah Haji Asal Mesuji Dijadwalkan Tiba 11 Oktober Ini

Mesuji | Rombongan jamaah haji dari Kabupaten Mesuji dijadwalkan tiba di Mesuji pada 11 Oktober 2016 mendatang. Hal itu disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Mesuji, Ronal Nasution di kantornya, Jumat (23/09/2016). Ia mengatakan seluruh jamaah haji Kabupaten Mesuji sebanyak 73 orang, saat ini dalam keadaan sehat. Penyambutan kedatangan rombonganSelanjutnya…

0 comments

Harga Sembako Melonjak, Ini Tindakan Pemkot Metro

METRO | Melonjaknya harga Sembako memasuki bulan Suci Ramadhan, menjadi perhatian Pemerintah Kota Metro. Menyikapi hal ini, Pemerintah Kota Metro menggelar Pasar Rakyat bersubsidi di Lapangan Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, Selasa (14/05/2019). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Walikota Metro Achmad Pairin dan dihadiri oleh Wakil Walikota Metro, paraSelanjutnya…

0 comments

Tinjau ke Sejumlah OPD, Walikota Metro Dapati 4 ASN Tidak Hadir Tanpa Keterangan

Metro | Pemerintah Kora Metro melakukan kunjungan kerja kesejumlah OPD, dimaksudkan untuk memantau aktivitas para pegawai Kota Metro disetiap OPD pada bulan Ramadhan, senin (20/5/2019). Kunjungan kerja yang dipimpin langsung Walikota Metro Achmad Pairin meninjau 11 OPD, diantaranya Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian, DinasSelanjutnya…

0 comments

WARGA PADANG CERMIN DAMBAKAN SMA NEGERI

LAMPUNG7COM, Padang Cemin – Sejak dimekarkan, Kecamatan Induk ini belum memiliki Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN). Hal itu di utarakan Kepala Desa Padang Cemin, Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran, Ibrohim HR kepada LAMPUNG7COM. Menurutnya, sejak di mekarkannya kecamatan ini menjadi 3 (tiga) kecamatan yaitu, Teluk Pandan, Padang Cermin, dan Way Ratai, Ia sangatSelanjutnya…

0 comments

Kalau Tidak Disiplin, Begini Hasilnya

Lampung Timur | Meski Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Namun diduga kuat karena kebiasaan yang tak taat aturan, banyak pegawai negeri sipil (PNS) pulang bekerja lebih awal. Alhasil banyak PNS yang kelimpungan akibat Sidak di hari pertamaSelanjutnya…

0 comments

RIDHO: BANK LAMPUNG HARUS DIDUKUNG PONDASI YANG KUAT

LAMPUNG7COM, Bandar Lampung – Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo meminta Bank Lampung terus melakukan berbagai upaya pembenahan secara struktural guna mewujudkan program transformasi BPD. Sehingga dapat menjadi Bank yang kompetitif, kuat dan memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah. Untuk itu, kata Gubernur, diperlukan dukungan suatu fondasi yang kuat melalui tata kelola yang baikSelanjutnya…

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *