Tips Mudik Tetap Sehat.

20151224_112150

MUDIK | Jelang akhir Ramadan, orang biasanya mulai disibukkan berbagai aktivitas. Salah satunya mudik atau perjalanan pulang berlebaran di kampung.

Berbagai pengalaman didapatkan saat mudik. Mulai dari yang menyenangkan hingga yang menyebalkan seperti gangguan kesehatan. Ada beberapa penyakit yang biasanya menghantui selama perjalanan. Berikut kami sajikan beberapa di antaranya, beserta tips untuk mengantisipasi.

Pastikan juga kondisi kesehatan Anda fit sebelum menempuh perjalanan panjang ke kampung halaman.

Mabuk
Ini salah satu masalah yang paling sering ditemui saat mudik, baik di jalur darat maupun laut.  Guncangan selama perjalanan membuat perut terasa mual hingga terasa hingga naik ke kepala. Untuk mencegahnya, sediakan obat anti mabuk sebelum berangkat. Bisa juga dengan mengkonsumsi buah rasa asam seperti asam, jeruk, untuk meminimalisir mabuk.

Diare
Masalah gangguan kesehatan ini disebabkan banyak hal. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang tidak higienis. Biasanya terjadi karena pemudik makan di jalan. Untuk meredakan diare atau menangkalnya, kamu bisa mengonsumsi teh pahit.

Dehidrasi
Terlalu lama di mobil atau angkutan umum dengan cuaca yang panas ditambah kurang minum bisa bikin dehidrasi. Agar tidak mengalaminya, sebaiknya minum air putih yang cukup minimal 8 gelas per hari.

Masuk angin
Terlalu lama beraktivitas seperti menyetir, kurang tidur, dan berbagai hal lainnya bisa membuat kondisi kesehatan menurun. Masuk angin seringkali menyerang para pengendara mudik, terutama bagi yang pergi menggunakan motor. Selalu sempatkan istirahat yang cukup sebelum dan selama perjalanan.

Radang tenggorokan
Saat mudik biasanya Anda kurang istirahat. Selain itu, keinginan untuk mencicipi makanan khas, sampai makanan paling populer di perjalanan dan di tempat tujuan juga bisa bikin kesehatan terganggu. Ujung-ujungnya, bisa membuat radang tenggorokan. Solusinya? Jangan terlalu berlebihan saat makan, kurangi minum air es dan perbanyak minum air putih.| merdekacom.

BERITA LAINNYA :

TNI AL AKAN MENDUKUNG PEMBANGUNAN PROV LAMPUNG

LAMPUNG7COM, Pesawaran – Disampaikan oleh Sekda Provinsi Lampung Arinal Djunaidi dalam acara Ramah Tamah dengan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi di Bandar Lampung, Minggu (10/01/16). “Provinsi Lampung saat ini sedang berakselerasi secara cepat dalam mencapai masyarakat yang sejahtera disegala bidang, khususnya pembangunan infrastruktur yang berskala nasonal. OlehSelanjutnya…

0 comments

BASARUDIN DITANGKAP SAAT KEDAPATAN MEMBAWA SENJATA API

LAMPUNG7COM, Tanjung Raja – Kedapatan membawa senjata api di daerah Register 34 Tangkit Tebak, Desa Suka Mulya, Kecamatan Tanjung Raja, Lampung Utara, Basarudin bin Dul Rohim (60), ditangkap Polisi Kehutanan (Polhut). Kasat Polisi Kehutanan Lampung Utara, S. Andika mengatakan, sebelum ditangkapnya oknum yang diduga akan melakukan aksi kejahatan tersebut olehSelanjutnya…

0 comments

Hiruk Pikuk Dana Desa

Sukadana – Akibat banyak tekanan dari sejumlah pihak tersebut, ada sejumlah Kades yang mengusulkan agar tahun depan desanya tidak lagi mendapat DD. | Riswan L7.

0 comments

Bawa Senpi Rakitan, Pemuda Warga Lampung Timur Diamankan Polisi

Metro | Tim Patroli Sabhara Polresta Metro bersama masyarakat berhasil membekuk ANDI AFRIZAL (20), warga  Sukosari, Kecamatan Batang hari Nuban Lampung Timur, Minggu sore tadi (27-11-2016) sekitar pukul 16.00 WIB. Pemuda yang bekerja sebagai pegawai koperasi, dibekuk polisi di jalan komodo kelurahan Purwoasri kecamatan Metro Utara ( sebelum jembatan damSelanjutnya…

0 comments

HUT KE-70 KODAM II SRIWIJAYA PENTASKAN LAYANG-LAYANG

LAMPUNG7COM, Bandar Lampung – Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kodam ll Sriwijaya yang ke-70, Korem 043  Garuda Hitam Lampung, menggelar festival layang-layang yang diadakan  di Lapangan Satlog Korem 043, Bandar Lampung.(23/12) “Tujuan dari festival ini adalah, untuk mengenalkan kembali permainan tradisional anak bangsa yang dahulu sangat terkenal pada jamannya,Selanjutnya…

0 comments

250 Mahasiswa Saburai Selesai Laksanakan KKN

Padang Cermin | Kepala Badan Kesbangpol, Drs. Syukur mewakili Bupati Pesawaran, Hi. Dendi Ramadhona menyerahkan 250 Mahasiswa Universitas Saburai yang telah melaksanakan KKN di wilayah Kecamatan Padangcermin dan Marga Punduh, Senin (23/05) di Balai Pertemuan Kecamatan Padang Cermin. Suasana yang cukup panas di dalam ruangan Balai Pertemuan Kecamatan Padang CerminSelanjutnya…

0 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *