LAMPUNG7NEWS Tanggamus | Semaka — Tim Penilai Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak), PKK – Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga – Kesehatan (Kesrak PKK-KKBPK-Kes) Provinsi Lampung melakukan penilaian di Pekon Srikaton, Kecamatan Semaka, Senin (25/11).

Kedatangan Tim Penilai, yang diketua oleh Mamiyani Fahrizal yang juga Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Lampung tersebut disambut oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Wakil Bupati AM. Syafi’i, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Forkopimda, Ketua TP PKK Hj.Sri Nilawati Syafi’i, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny. Nur’aini Hamid Lubis, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, para Kepala OPD, para Camat Kabupaten Tanggamus, Uspika Kecamatan Semaka, Pj. Pekon Srikaton, serta Jajaran TP PKK Kecamatan se Kabupaten Tanggamus.

Dalam sambutannya, Bupati Hj. Dewi Handajani mengatakan Pekon Srikaton ialah satu dari 299 pekon yang ada di Kabupaten Tanggamus, dimana berdasarkan penilaian ditingkat Kabupaten Srikaton terpilih sebagai duta dari Kabupaten Tanggamus untuk mengikuti Lomba Penilaian Kesrak-PKK-KKBPK-Kes Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019.

“Tentunya beberapa kriteria yang telah ditetapkan dalam lomba ini, sepertinya ada semua di pekon Srikaton. Antusiasme masyarakatnya yang luar biasa. Kami baik dari jajaran Kabupaten, Kecamatan hingga Pekon juga tidak bisa menjalankan tugas kami dengan baik tanpa adanya dukungan dan support dari masyarakat,” kata Bupati.

Bupati juga optimis menyampaikan harapannya agar Pekon Srikaton menjadi yang terbaik dalam lomba tersebut, dan menyatakan kesiapannya untuk mewakili Provinsi Lampung pada Penilaian Tingkat Nasional.

Selanjutnya Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus, Hj. Sri Nilawati Syafi’i dalam Eksposnya menyampaikan, dipilihnya Pekon Srikaton menjadi duta dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kes dan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Lampung dikarenakan banyaknya capaian indikator lomba yang ada di Pekon Srikaton.

“Srikaton adalah Kampung KB Tahun 2019, tervisualisasinya cakupan program-program, dalam rangka usulan menjadi pekon ODF, observasi lingkungan dan situasi rumah penduduk, adanya inovasi, antusias masyarakat dan para kader untuk menjadikan Pekon yang lebih baik dan berprestasi, adanya dukungan tokoh agama, tokoh masyarakat dalam kegiatan- kegiatan pembangunan Pekon melalui LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), BPD (Badan Permusyawaratan Desa).”

“Pelaksana Terbaik Kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-Kes Tingkat Kabupaten Tanggamus, dan Pelaksanaan Terbaik Lingkungan Bersih Sehat (LBS). Pelaksana Terbaik Posyandu, Pelaksana Terbaik PHBS di rumah tangga, adanya dukungan Anggaran PAUD, dukungan kebijakan Kampung KB, adanya Pokja Kampung KB, adanya Rumah Dataku di Kampung KB, pencapaian KKBPK yang meliputi program menggerakkan dan KIE Program KB sesuai tujuan dan sasaran Pembangunan Keluarga dan pembangunan di Pekon Kampung KB.”

“Selama pembinaan Kesrak di Pekon Srikaton telah melayani Akseptor MKJP sebanyak 100 akseptor implant. Adanya Kelompok-kelompok Kegiatan BKB, BKR, BKL dan UPPKS di Pekon Srikaton sebagai upaya dalam ketahanan keluarga, tidak ada lagi Ibu melahirkan yang tidak ditolong tenaga medis, Posyandu, serta inovasi meningkatnya cakupan IVA,” terang Sri Nilawati.

Sementara Ketua Tim Penilai Mamiyani Fahrizal menyambut baik seluruh program yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Tanggamus beserta jajarannya. Baik tentang kesehatan lingkungan, terciptanya pekon ODF, pola asuh anak, stunting serta program lainnya.

“Terkait dengan hasil lomba ini nantinya itu sepenuhnya saya serahkan kepada Tim Juri, saya tidak bisa intervensi. Namun saya berharap Kabupaten Tanggamus memperoleh hasil yang terbaik seperti apa yang menjadi harapan dari Ibu Bupati Tanggamus,” tandasnya.

Disela acara diserahkan juga secara simbolis mobil Ambulance Untuk Pekon Soponyono dan Pekon Way Panas Kecamatan Wonosobo oleh Bupati Tanggamus. Adapun pengadaan mobil Ambulance ini merupakan implementasi dari Program 55 Aksi Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus, yakni “1 Ambulance 1 Pekon.” Dimana sampai tahun 2019 ini telah terealisasi sebanyak 100 Ambulance dari 299 Pekon yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Selanjutnya sebagaimana biasa Tim Penilai melakukan kunjungan ke sejumlah Posko dalam rangka melakukan penilaian di Pekon Srikaton. | Khoiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *