LAMPUNG7NEWS

TANGGAMUS | Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi’i, S.Ag., didampingi istri sekaligus Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi’i menghadiri malam puncak Acara Pemilihan Grand Final Muli-Mekhanai Lampung tahun 2019, bertempat di Ball Room Hotel Novotel Bandar Lampung, Jumat Malam (2/8/19).

Dalam Arahan Kadis Pariwasata Retno Noviana Damayanti saat diwawancarai, beliau menyampaikan bahwa mereka mengutus anak-anak Muli Mekhanai Tanggamus 2018  2019 dimana temen-temen kita utus dari Kabupaten Tanggamus untuk mewakili pada malam Puncak Grand final pemilihan muli mekhanai lampung tahun 2019 di Novotel ini. Adu bakat atraksi segala macam serta mereka sudah menampilkan bakatnya dan alhamdulillah mereka mendapat juara.

Untuk itu Kabupaten Tanggamus dapat bersyukur dan dari Dinas Pariwisata sendiri apa yg telah kita berikan arahan untuk membawa Tanggamus dan pada malam  Grand Final ini mereka telah membuktikan dan memberikan Kab. Tanggamus rasa bangga dalam pemilihan Muli Mekhanai Lampung.  Dari Tanggamus sendiri mengirimkan sebanyak 7 orang peserta mewakili mekhanai 2 dan muli 5 orang,dari tujuh orang itulah yg sudah kita seleksi untuk kita kirim ke provinsi Lampung.

Harapannya kedepan, muli mekhanai ini dapat mengembangkan jati dirinya dan apapun hasil yang didapatkan dari kegiatan muli mekhanai ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ,dan nanti mereka akan kita bawa untuk mengenalkan destinasi yang ada di Kab. Tanggamus maupun UKM -UKM sebagai wakil adek-adek untuk mempromosikan itu kepada masyarakat Kabupaten Tanggamus.

Pada kesempatan ini Muli Mekhanai Kabupaten Tanggamus mewakili Lampung masuk dalam juara sepuluh besar atas nama Isma Trie Afdita dengan nomor 48 dan masuk dalam foto Genik juga sebagai Muli Tanggamus, Vanya Nabela No. 44 masuk sebagai juara favorit muli Tanggamus, sedangkan Kevin Abdillah Gunawan masuk sebagai juara berbakat 2 mewakili mekhanai Tanggamus tahun 2019. Selanjutnya Ayu Santika (Pringsewu) dan M. Firly Ramadhan (Bandarlampung), dinobatkan sebagai juara Muli Mekhanai Lampung tahun 2019. Ayu dan Firly menggantikan Kiki Nur Alfian dan Erika Dwi Alviana Muli Mekhanai Lampung 2018. Sedangkan M. Alkautsar Nadi dan Rafika Rana sebagai Runner Up 1 atau juara II Muli Mekhanai, serta Rama Andika Permana dan Maulida sebagai Runner Up 2 atau juara III Muli Mekhanai.

Dalam Sambutan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi,  menyampaikan bahwa Pemilihan Muli Mekhanai merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan Pemprov Lampung.

“Ajang ini sebagai bentuk tanggung jawab kita bersama untuk menyediakan ruang media positif kepada seluruh anak muda Lampung untuk berekspresi dan memberikan ide kreatif,” jelas Gubernur.

Ajang ini, jelas Gub sangat erat kaitannya dengan upaya pencitraan pariwisata Provinsi Lampung. “Ajang ini sebenarnya esensinya lebih dari itu, yaitu untuk mengajak anak muda Lampung untuk semakin mengenali dan turut serta melestarikan adat budaya Lampung,” jelasnya.

Lanjut, Gubernur pemilihan muli mekhanai Lampung akan memilih putra putri terbaik.

“Tentunya sebagai Muli Mekhanai harus memiliki displin dan dedikasi tinggi dalam menjalankan tugasnya sebagai duta didaerahnya masing-masing, dan yang terpilih sebagai Muli Mekhanai Lampung 2019 tentunya harus mampu menjadi duta yang paham dan mampu mengenalkan pariwisata Lampung,” jelasnya.

Ajang Muli Mekhanai, jelas Gubernur sangat penting untuk perjalanan wisata kita, karena seperti yang diketahui Lampung memiliki kekayaan alam, adat budaya, dan kerajinannya. Dan semua yang ada di Lampung, tentunya harus membawa efek bagi kesejahteraan masyarakat Lampung.

“Semua potensi tersebut harus mampu membawa efek bagi kesejahteraan rakyat Lampung. Dan saya sangat mendukung kegiatan Event ini dalam memajukan pariwisata Lampung. Untuk itu, melalui ajang ini diharapkan terpilih muli mekhanai terbaik yang mampu menangkat pariwisata Lampung, yang berujung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat Lampung,” ujarnya.

Sementara dalam Laporan panitia pelaksana, Kadis Pariwisata Lampung, Qodratul Ikhwan, menjelaskan bahwa pemilihan muli mekhanai ini merupakan supporting event kegiatan besar Lampung Krakatau Festival yang acara puncaknya akan dilaksanakan pada 23-25 agustus 2019.

“Ajang ini diikuti sebanyak 62 orang yang terdiri dari 33 muli dan 29 mekhanai,” jelas Qodratul.

Pemilihan muli mekhanai ini, jelas Qodratul terdapat beberapa tahap mulai dari test wawancara dan tertulis, opening ceremony dan talent show, field trip, pembekalan, dsb.

“Dan diharapkan nantinya dapat terpilih muli mekhanai terbaik yang mampu menjadi duta wisata Provinsi Lampung,” ungkapnya.

“Muli Mekhanai tidak semata smart personal saja namun smart secara umum yang dapat mengantar kan pesan pesan dalam pembangunan Lampung. Lampung harus siap dan mampu bersaing, Lampung Harus Mempunyai semangat Motifasi Baru. Nantinya pemenang  muli mekhanai bakal menjadi duta Pariwisata Lampung, sedangkan untuk muli kita dorong untuk mengikuti ajang pemilihan putri indonesia,” kata dia.

Turut mendampingi Wakil Ketua TP PKK Ibu Nuraini Lubis, Kadis Pariwisata Retno Noviana Damayanti, Beserta Jajaran Dinas Pariwisata Tanggamus. Dari Provinsi lampung hadir Gubernur Lampung Arinal Djunaidi beserta Istri, jajaran Forkopimda, Para Stake Holder terkait, Para dewan Juri, Undangan, dan para Peserta Grand Final Muli Mekhanai Lampung Tahun 2019. | Khoirisyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *