Bandar Surabaya | Dengan tema Membangun Gizi Menuju Bangsa Berprestasi peringatan Hari Gizi Nasional ke 59 tingkat Kabupaten Lampung Tengah, di Pusatkan di Kecamatan Bandar Surabaya, Rabu (27/2/ 2019).

Àcara tersebut dihadiri Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto dengan didampingi Ketua TP PKK Ny. Ellya Lusiana Loekman dan Ketua DWP Lampung Tengah Ny. Rosdiana Adi Erlansyah serta seluruh Kepala OPD dan Jajaran Dinas Kesehatan Lampung Tengah serta seluruh elemen masyarakat tersebut diawali.dengan senam bersama tersebut juga dihadiri Forkompimcam setempat.

Dikatakan dalam laporan Plt kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah Edi Sunarko acara Peringatan Hari Gizi Nasional 2019 yang dipusatkan di Kampung Surabaya Ilir kecamatan Bandar Surabaya, Rabu 27 Fenruari 2019.

Sementara itu Bupati Lampung Tengah dalam sambutannya mengatakan salah satu komponen terpenting dalam pembangunan kesehatan adalah terpenuhinya kebutuhan gizi masyarakat terutama pada periode 1000 hari pertama kehidupan.

Ditambahkannya, hal ini menjadi penting sebab periode kehamilan hingga anak berusia 2 tahun merupakan kesempatan emas dalam mencetak generasi berkualitas bebas stunting dan masalah gizi lainnya.

“Kekurangan gizi yang terjadi pada masa janin dan anak usia dini akan berdampak pada perkembangan otak dan rendahnya kemampuan kognitif yang dapat mempengaruhi prestasi belajar dan keberhasilan pendidikan,” ucap Loekman.

Lebih lanjut bupati menjelaskan kurang gizi yang dialami pada awal kehidupan juga berdampak pada peningkatan risiko gangguan metabolik yang berujung pada kejadian penyakit tidak menular pada usia dewasa, seperti Diabetes type II, Stroke, Penyakit Jantung dan lainnya. Karena itu periode ini tidak boleh diabaikan harus kita perhatikan dengan seksama sebab menjadi penentu tingkat pertumbuhan fisik, kecerdasan dan produktivitas seseorang,

“Dalam jangka panjang, stunting dan masalah gizi lainnya juga merupakan ancaman besar bagi negara, karena akan berdampak pada menurunnya kualitas dan produktivitas sumberdaya manusia yang selanjutnya dapat menghambat pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kemiskinan dan kesenjangan di masyarakat,” pungkas Loekman.

Dari pantauan awak media rangkaian kegiatan peringatan Hari Gizi nasional tingkat kabupaten lampung tengah di isi dengan berbgai kegiatan diantaranya senam gotong royong, pemberian vitamin A, pemberian obat cacing, pemberian Asi exclusip, balita lulus posyandu, pemberian sertifikat akreditasi puskesmas, deklarasi penyerahan Kartu Identitas Anak dan penanda tanganan komitmen Lampung Tengah bebas stunting 2023. | (Adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *