LAMPUNG7NEWS Jakarta | Universitas Lampung (Unila) resmi memiliki rektor baru, usai rektor terpilih periode 2019-2023 Karomani dilantik oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Nadiem Makarim hari ini Senin, 25 November 2019.

Pria yang akrab disapa Aom ini mengungkapkan, usai dilantik ia akan langsung tancap gas untuk bekerja. Fokusnya adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (Unila) di Unila.

“Saya ingin membangun soliditas antarelemen di Universitas Lampung, kita akan coba dari sisi SDM akan ada penguatan supaya Unila lebih cepat maju,” kata Karomani saat ditemui seusai pelantikan, di Gedung Kemendikbud, Jakarta Pusat, Senin 25 November 2019.

Ia juga menyebut, nantinya di dalam penguatan SDM di dalamnya termasuk juga penguatan untuk penelitian sebab penelitian tidak bisa dipisahkan dengan kemajuan universitas. “Dari penelitian itu profesor akan lebih banyak muncul. Itu akan kita perkuat,” ucapnya.

Untuk itu, ia memastikan mulai tahun depan dosen Unila wajib doktor. Ia juga berkomitmen bakal membantu dosen-dosen agar bisa akselerasi untuk mendapatkan gelarnya.

“Dosen-dosen yang masih S2 wajib hukumnya untuk S3. Sudah S3 wajib profesor, kita bantu, kita kasih akselerasi. Kalau tidak akan ketinggalan,” ujarnya.

Begitu juga kurikulum, nantinya akan ia benahi sesuai dengan kebutuhan industri. Sehingga jebolan Unila tidak menganggur, hanya karena kemampuannya tidak cocok dengan pasar industri.

“Agar Mahasiswa unggul ada program soft skill, seperti kata Pak Menteri (Mendikbud) jangan sampai lulusan Universitas menganggur, hanya karena tidak sesuai dengan pasar tenaga kerja. Kurikulum akan kita benahi sesuai kebutuhan industri,” tandasnya.

Karomani menjadi rektor terpilih Unila menggantikan Sugeng P. Harianto setelah dalam pemilihan rektor (pilrek) Unila yang digelar Kamis, 17 Oktober 2019 lalu meraih suara terbanyak. | rambe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *