LAMPUNG7NEWS

TANGGAMUS | Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE., MM., membuka kegiatan Bazar Hewan Kurban yang di pusatkan di res-area Gisting, Kecamatan Gisting, Selasa(6/8/19).

Turut Hadir Sekdakab Drs. Hamid Heriansyah Lubis, M. Si., Para Asisten I II dan III , Para Kepala OPD, Camat Gisting Purwanti, Ketua Asponak Rintoko, serta jajaran dari Pemkab Tanggamus.

Dalam sambutan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tanggamus berupaya untuk menciptakan dan menjalankan berbagai program adalah tujuan pembangunan yang peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah masyarakat peternak.

“Pembangunan peternakan merupakan bagian integral pembangunan pertanian khususnya, dan pembangunan nasional umumnya, oleh karena itu marilah kita terus lanjutkan pembangunan peternakan ini, melalui peningkatan usaha diversifikasi, intensifikasi dan ekstensifikasi ternak yang tentunya didukung oleh pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Dewi.

Lanjutnya,Peluang pengembangan ternak di Kabupaten Tanggamus sangat mendukung karena memiliki dukungan dan potensi alam dengan sumber pakan yang melimpah baik tanaman hijau maupun hasil samping tanaman pertanian dan perkebunan.

Dewi menambahkan, prospek pasar baik lokal, nasional maupun ekspor serta adanya pendampingan oleh petugas teknis peternakan kecamatan dan salah satunya petugas inseminator. Masih kata bupati,Saya ingin mengingatkan kembali bahwa proses pembangunan pada hakekatnya adalah proses kemajuan menuju masyarakat yang lebih maju, adil-makmur, dan lestari, yang ditandai oleh tingkat kesejahteraan yang makin tinggi, efisien, dan mendorong kreatifitas dan partisipasi masyarakat.

Adapun tujuan pembangunan peternakan diarahkan untuk membangun sistem peternakan yang mampu memanfaatkan sumberdaya lokal, berdaya saing, berkelanjutan dan yang meningkatkan populasi ternak dan mensejahterakan peternak. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi para pelaku usaha peternakan dalam menggerakkan perekonomian di Kabupaten Tanggamus yaitu melalui kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini yaitu Bazaar Hewan Kurban.

“Saya menilai penyelenggaraan Bazaar Hewan Kurban Tahun 2019 ini mempunyai momentum yang sangat tepat dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Adha 1440 H. Tentunya permintaan akan hewan kurban akan meningkat, dan semua ini adalah sebagai upaya promosi kita dalam meningkatkan nilai jual ternak, sehingga dapat meningkatkan pendapatan peternak itu sendiri. Berkaitan dengan Bazaar Hewan Kurban ini sepenuhnya saya menyambut gembira atas terselenggaranya acara ini dan berharap kegiatan seperti ini dapat berlanjut pada tahun-tahun yang akan datang dan semoga kegiatan ini dapat memotivasi peternak dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pengelolaan ternak dalam mengembangkan potensi lokal secara mandiri,” terang Bupati.

Sementara laporan ketua Asosiasi Kelompok Peternak tanggamus Rintoko,ini adalah sebuah kontribusi  dari asosiasi kelompok peternak Tanggamus(ASPONAK) tentang penyediaan hewan Kurban yang sesuai sariat dan ternak yang dinyatakan sehat.

“Sampai saat ini data penjualan hewan Kurban dari 20 orang dari pedagang kambing sudah mencapai 4,425 ekor kambing yang terjual. Atau setiap dengan berskisar Rp.11.062.500.000,” ungkap ketua Asponak.

Lanjutnya,ini membuktikan bahwa dunia peternakan kambing dan domba menjadi sumbangsih pensejahteraan mata pencaharian. Maka dari itu perlu di suport oleh kita bersama,selain dari kegiatan bazar dan kontes ternak,” terang ketua.

“Harapan sendiri dari para petani ternak,agar adanya pasar ternak yang layak dan sesuai dengan undang-undang,” jelas rintoko. | Khoirisyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *