LAMPUNG7NEWS¬†Gisting | Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, membuka kegiatan Gebyar Koperasi Syari’ah Kabupaten Tanggamus di Gedung Serba Guna (GSG) Pekon Gisting Bawah, Kamis (7/11/19).

Kegiatan yang dilaksanakan dengan tema “Peningkatan Usaha Koperasi dan UMKM yang Berbasis Syariah Menuju Masyarakat Tanggamus yang Agamis,” tersebut, dihadiri juga oleh Kepala Dinas Koperasi Provinsi Lampung yang diwakili Kabid Kelembagaan Koperasi Ratna Emilia Sari, Staf Ahli Bupati Bidang SDM Firman Rani, Ketua MUI Kab Tanggamus KH Makmun Siroj, Ketua Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Sabilil Muttaqin Ibnu Nizar, Kadis Koperasi UMKM dan Perindag Tanggamus Mairosa, Tokoh masyarakat Gisting yang juga mantan Anggota DPRD Provinsi Lampung Akhmadi Sumaryanto, para Kepala OPD, serta Camat dan Uspika Kecamatan Gisting.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindag Mairosa, dalam laporannya mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk mengenalkan dan menumbuh kembangkan Koperasi Syariah kepada masyarakat.

Kegiatan diikuti oleh 30 Koperasi se Kabupaten Tanggamus dan lembaga keuangan, Dinas dan Instansi terkait, serta dihadiri oleh 102 Koperasi dari 222 Koperasi yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Mairosa menerangkan, kegiatan yang dilaksanakan diantaranya ; penyerahan kunci rumah dari kegiatan bedah rumah oleh KSPS BMT Sabilil Muttaqin, penyerahan pembiayaan kepada pedagang pasar oleh KSPPS BMT Amelia Rahma Kecamatan Talang Padang, penyerahan kambing bergulir kepada anggota KSPPS BMP Asyafiah Cabang Tanggamus, penyerahan bantuan kepada anggota dari KSPPS BMT Sidobiri Cabang Tanggamus, promosi produk-produk layanan koperasi berupa simpanan maupun pinjaman, pameran mini produk-produk UMKM yang tergabung dalam koperasi serta pemberian doorprize kepada anggota KSPPS.

Sementara Bupati Hj Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakan, perekonomian suatu daerah akan memiliki fundamental yang kuat jika ekonomi kerakyatan telah menjadi pelaku utama yang produktif dan berdaya saing tinggi.
.
“Keberhasilan pembangunan daerah ditandai dengan meningkatnya ekonomi masyarakat, peningkatan daya beli dan peningkatan penghasilan per kapita masyarakatnya.”

“Peran serta UMKM dan Koperasi dalam perekonomian daerah adalah fakta nyata. Dengan jumlah yang mendominasi, komposisi pelaku ekonomi, UMKM bukan hanya mampu berkontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tetapi juga mampu menyerap tenaga kerja,” tandas Bupati.

Usai membuka acara, Bupati Tanggamus didampingi undangan yang hadir, melakukan peninjauan ke stan-stan Koperasi yang digelar di lokasi kegiatan. | Khoiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *