Tinjau Kualitas BLK Daerah, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Kunjungi BLK Metro

tinjau-kualitas-blk-daerah-menteri-tenaga-kerja-dan-transmigrasi-ri-kunjungi-blk-metro-1

Metro | Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia M. Hanif Dhakiri, melakukan kunjungan kerja ke Kota Metro, dengan mengunjungi Balai Latihan Kerja (BLK) Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Kota Metro, Jum’at (11/11/2016).

Turut hadir dalam kunjungan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi M. Hanif Dhakiri, Walikota Metro Achmad Pairin, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Propinsi Lampung Sumiarti Somad.

Menurut Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, kunjungannnya untuk melihat BLK-BLK di Daerah, seperti Balai Latihan Kerja (BLK) Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Kota Metro dimana terdapat banyak program pelatihan yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat terutama lulusan SD, SMP dan SMA atau usia kerja yang berguna menimba dan menambah keterampilan guna meraih masa depannya.

Ditambahkannya, masih banyak hal yang harus  dibenahi, terutama jumlah program pelatihan, masalah keterlibatan siswa dalam pelatihan, masalah dengan standart kompetensi yang belum sepenuhnya mengikuti Standart Kopentensi Kerja Nasional Indonesia ( SKKNI). Untuk itu, secara bertahap pemerintah pusat akan berupaya meningkatkan kualitas BLK.

tinjau-kualitas-blk-daerah-menteri-tenaga-kerja-dan-transmigrasi-ri-kunjungi-blk-metro

“Dan itu nantinya secara bertahap akan kita perbaiki, Pemerintah Pusat akan berkoordinasi dengan Propinsi Lampung dan Pemerintah Daerah untuk memastikan peran BLK dalam meningkatkan daya saing tenaga kerjanya,” ucap M. Hanif Dhakiri.

Menurut Hanif, saat ini BLK tidak lagi membatasi siswa pelatihan dalam jenjang SMP atau SMA akan tetapi semua masyarakat dapat mengikuti pelatihan guna mendapatkan keahliannya yang sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Siapapun boleh mengikuti pelatihan di BLK, Siapa saja tanpa peduli jenjang pendidikan, tanpa peduli usia, selama mereka umurnya sudah 18 tahun keatas atau usia kerja, Mereka bisa mendapatkan akses pelatihan karena ini justru menjadi sasaran program kita,” jelas Hanif.

Arif | L7News

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *