Sunardi, SE., Minta Penggunaan Dana Desa Tidak Monoton

LAMPUNG7NEWS

Mesuji | Ketua tim inovasi desa Sunardi,SE., sekaligus selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mesuji meminta kepada seluruh aparatur dan perangkat desa agar dalam menggunakan dana desa (DD) tidak selalu monoton.

Hal itu disampaikan Sunardi pada agenda pembukaan Inovasi Desa Kecamatan Mesuji di Gedung Balai Desa Sidomulyo mewakili Plt. Bupati Mesuji H. Saply,TH., Rabu, 10 Juli 2019.

Terkait itu, ia menghimbau pada semua pihak yang telah dipercaya dan mendapat mandat mewakili desa untuk mencari program yang betul-betul dianggap perlu dan frontal (terbuka) dalam pelaksanaannya.

“Saya berharap perwakilan desa benar-benar berkomitmen dengan apa yang telah diputuskan untuk terus dikawal,” pintanya.

Untuk itu, lanjut dia, DD yang dikucurkan oleh pemerintah pusat ke desa tidak harus monoton hanya untuk keperluan infrastruktur dan bangunan fisik saja, tapi juga dapat digunakan untuk membuka badan usaha milik desa (bumdes) yang terus berkelanjutan sehingga mendapatkan penghasilan bagi desa.

“Penggunaan dana desa tidak ada batasan untuk mendongkrak perkembangan ekonomi. Karena DD akan menjadi cikal bakal perkembangan sumber pendapatan desa,” terangnya.

Terkait pelaksanaan, sambungnya, kepala desa, perangkat dan pendamping P3MD (Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) bisa mengajak Babinkamtibmas untuk bersama mengawal dan mengelola dana desa, mulai dari pembangunan fisik sampai pengamanan.

Dibidang kesehatan, kata Nardi, Kepala Puskesmas yang ada di desa, harus selalu berkoordinasi dengan pihak desa terkait apa saja permasalahan kesehatan yang sedang terjadi, seperti pencanangan desa bebas buang air sembarangan, penanganan sampling gizi buruk balita dan lansia. Agar kegiatan yang dilakukan menggunakan dana desa bisa menyambung dengan program kegiatan dari DPMD.

“Saya berharap, semua pihak dapat terus saling berkoordinasi dan dapat memberi informasi yang benar-benar real agar tidak menimbulkan fitnah,” harapnya.

Dilain pihak, Wasrin Sekretaris Camat (Sekcam) mewakili Camat Mesuji Iwan Rifa’i menyatakan, Kecamatan Mesuji saat ini sudah banyak melakukan perubahan mulai dari pembangunan infrastruktur jalan sampai antusias warga dalam memusyawarahkan program pembangunan desa.

Kedepan, “Kita akan terus melakukan perubahan melalui inovasi pembangunan bersama masyarakat, supaya desa yang ada di Kecamatan Mesuji bisa berkembang mulai dari sektor pembangunan, infrastruktur, sampai ditingkat perekonomian, sehingga Kecamatan Mesuji mampu mengimbangi desa-desa lain yang lebih dulu maju dan mampu berdaya saing,” tegasnya. | Ekli

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *