Bandar Lampung | Pada kesempatan kali ini Relawan Demokrasi Berbasis Warganet menggelar suatu kegiatan workshop dan kompetisi jurnalistik yang bertemakan “Bagaimana Jurnalis Warga Meliput Isu Pemilu Pilpres 2019”, kegiatan berlangsung di Eatboss Cafe, minggu 31 2019.

Kegiatan tersebut diikuti dengan puluhan para penggiat media sosial seperti Blogger, Facebook dan Instagram.

Disela kegiatan berlangsung, Adian Saputra selaku Ketua Pelaksana mengatakan, maraknya isu mengenai Pemilu berbagai media sosial tak lazim lagi kita dengar, apalagi di momen seperti ini.

“Maka dari itu terkhusus sebagai para jurnalis harus mampu menyikap hal ini, terkait berita atau informasi yang telah beredar di masyarakat,” katanya.

Lanjutnya, dari situlah kita harus mampu menyajikan hal tersebut dengan aktual, apalagi untuk jaman era digital ini. Kita pun harus paham tentang Undang-undang ITE yang mana dalam undang-undang tersebut mampu menjerat oknum-oknum terkait yang menyajikan informasi tidak berimbang atau Hoax, apalagi sebagai jurnalis harus mampu menuangkan informasi-informasi yang realita bagi kalangan masyarakat, jelasnya.

Ditempat yang sama, Fadilah Sari selaku Komisoner KPU Kota Bandar Lampung menyampaikan, untuk peran media dan warganet haruslah berimbang menciptakan lingkup yang aktual, khususnya menyampaikan suatu pemberitahuan atau opininya.

“Kita ciptakan image yang baik pada pemilu mendatang. Hal itu merupakan implementasi terkait upaya dalam menepis berita hoax kepada masyarakat,” ungkapnya.

Lanjutnya, didalam hal terkait ini begitu banyaknya tentang isu-isu yang ada mengenai pemilu. Jadi peran sebagai jurnalis harus mampu menangkal terjadi Hoax yang telah beredar dikalangan masyarakat.

Ditempat berbeda Jeffry Noviansyah selaku kominfo dari partai garuda mengatakan, “Kami yang ada di tubuh Partai Garuda sangat apresiasi dengan aturan yang dibuat KPU untuk Pemilu 2019 ini. Mengingat isu yang berkembang selama ini adanya permainan money politic dan lain-lain lebih ter-protec, kami yang tergolong Partai baru sangat terbantu dengan penjelasan dari aturan tersebut, guna meng-edukasi masyarakat dan lebih terarah lagi bagi para calon legislatif untuk tidak melanggar aturan-aturan tersebut.” Tutupnya. | yd/red

http://www.lampung7news.com/wp-content/uploads/2019/04/WhatsApp-Image-2019-04-01-at-07.02.20-711x400.jpeghttp://www.lampung7news.com/wp-content/uploads/2019/04/WhatsApp-Image-2019-04-01-at-07.02.20-150x150.jpegRedaksi 1Bandar LampungKPUPanwasPemiluPersPilpresBandar Lampung | Pada kesempatan kali ini Relawan Demokrasi Berbasis Warganet menggelar suatu kegiatan workshop dan kompetisi jurnalistik yang bertemakan 'Bagaimana Jurnalis Warga Meliput Isu Pemilu Pilpres 2019”, kegiatan berlangsung di Eatboss Cafe, minggu 31 2019. Kegiatan tersebut diikuti dengan puluhan para penggiat media sosial seperti Blogger, Facebook dan Instagram. Disela...