TANGGAMUS | PT. Tanggamus Elektronik Power (TEP), PLTA Semaka 2X28 MW Secara simbolis di resmikan, oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE, MM., di blok 10, Register 39, Pekon Sidomulyo, Kecamatan Semaka, Kamis (15/11).

Dewi Handajani dengan sapaan akrabnya mengatakan, penghargaan dan terima kasih serta ucapan selamat datang kepada Mr. Kim Chang Beom, duta besar negara Korea Selatan beserta rombongan Selamat menikmati keindahan alam di daerah kami yang memiliki motto “Bumi Begawi Jejama” semoga saja dapat menikmati kegiatan selama di Kabupaten Tanggamus ini sehingga sekembalinya dari Tanggamus nanti akan membawa kesan dan kenangan indah serta berkeinginan untuk kembalinya berkunjung ke Kabupaten Tanggamus terangnya.

Dan perlu diketahui juga di Kabupaten Tanggamus mempunyai banyak potensi destinasi wisata yang bervariasi mulai dari objek wisata laut sampai pegunungan seperti wisata laut Teluk Kiluan, pantai Gigi Hiu, pantai Muara indah, pantai sepanjang Teluk Semaka, air terjun Way Lalaan, air terjun Lembah Pelangi, mata air panas Ulubelu, Bendungan Batu Tegi dan banyak lagi, jelas Dewi.

Dewi Handajani berharap kebutuhan akan sumber daya listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia di seluruh daerah di era globalisasi saat ini karena sesungguhnya listrik memiliki peranan yang sangat penting dalam menggerakkan setiap aktivitas manusia terutama dalam menggerakkan roda perekonomian tanpa adanya sumber energi listrik yang tidak dapat membayangkan Bagaimana jadinya kehidupan manusia di masa kini maupun di masa yang akan datang, ucapnya.

Lebih lanjut Dewi Handajani mengatakan Dan pada hari ini kita sama-sama hadir di sini dalam rangka peresmian operasional PLTA way semaka 2X28 MW di Pekon Sidomulyo, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung oleh PT. Tanggamus electric power (PT. TEP). Dan dari data yang ada di Pemerintah Kabupaten Tanggamus proses pelaksanaan proyek PLTA Way Semangka ini sudah dimulai sejak tahun 2011 yang lalu di mana Bupati Tanggamus, setelah mengeluarkan Izin Prinsip melalui surat Nomor 050/160/20 fispra/2018 tanggal 8 April 2011 perihal rencana pembangunan energi power oleh PT. TEP energi.

Dengan adanya PLTA yang memanfaatkan sumber daya air di wilayah ini maka masyarakat dan difasilitasi oleh PT. TEP diharapkan mampu melestarikan sumber daya alam dan menjaga lingkungan yang ada serta dapat menciptakan sumber lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Selain itu juga dapat menyediakan tenaga listrik yang murah dan ramah lingkungan serta dapat berdampak pada kesadaran masyarakat untuk melestarikan hutan sebagai penyangga pelestarian sumber daya air, terangnya.

Bupati, menambahkan wilayah Kabupaten Tanggamus saat ini sedang membutuhkan energi listrik yang cukup untuk menunjang aktivitas industri maritim dan industri penunjangnya yang rencananya akan dibangun di tahun-tahun mendatang dan diperkirakan kebutuhan listrik mencapai 150 MW, sementara pasokan energi listrik di Kabupaten Tanggamus saat ini sangat minim artinya diperlukan sebuah investasi di bidang energi listrik paling tidak sebesar 250 MW,untuk menunjang aktivitas industri serta multiplier effectnya. Dengan keberadaan PLTA ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan listrik bagi industri di wilayah Tanggamus kedepannya.

Saya optimis dan merasa yakin bahwa Kabupaten Tanggamus ke depan akan semakin maju dan modern,investor akan semakin melirik Tanggamus dengan keberadaan PT. TEP ini, supplay listrik akan semakin mencukupi untuk memenuhi industri skala menengah sampai skala besar. Tak lupa pula ucapan terima kasih kepada pemerintah Korea Selatan dalam hal ini diwakili oleh Mr. Kim Chang Beom bahwa ini menunjukkan kontribusi dan perhatian besar dari Pemerintah Korea Selatan di bidang energi listrik bagi Kabupaten Tanggamus dan Provinsi Lampung sehingga diharapkan capaian pembangunan Kabupaten Tanggamus dapat diwujudkan semoga dengan tersedianya infrastruktur PLTA ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pembangunan daerah maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanggamus, pungkasnya.

Sementara mineral Manager PT. TEP, Kim Min Ho mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemprov Lampung, ke Tanggamus dan masyarakat sehingga PLTA di Semaka bisa beroperasi.

“Proyek PLTA semangka ini awalnya dibahas saat pulang dari Bali, Setelah itu kami berbicara mengenai rencana Pemkab PLTA, kebetulan Lampung masih krisis listrik, sehingga April 2011. Saya berjanji akan menyelesaikan pembangunan PLTA dan janji itu sudah saya penuhi. Dengan telah beroperasinya PLTA ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan listrik Lampung pada umumnya dan Tanggamus pada khususnya,” tandasnya.

Turut hadir turut hadir dalam peresmian tersebut Mr. Kim Chang Beom, Duta Besar Korea Selatan, Mr. Park Hyung Koo, President dan CEO KOMIPO Company, Mr. Yoo Dung Jong, Presiden PT. TEP, Mr. Lim Hyung Chul, General Manager PT. TEP, FORKOPIMDA Kabupaten Tanggamus, para asisten dan para kepala perangkat daerah Pemerintah Kabupaten Tanggamus, Camat dan Uspika Kecamatan Semaka Bandar Negeri Semuong, Wonosobo, Kota Agung dan Kota Agung Barat, para kepala Pekon Kecamatan Semaka dan Bandar Negeri semuong, para tokoh masyarakat tokoh agama tokoh pemuda dan insan serta undangan dan para pegawai PLTA semangka. | rls/blng/bwm

http://www.lampung7news.com/wp-content/uploads/2018/11/WhatsApp-Image-2018-11-15-at-19.01.48-602x400.jpeghttp://www.lampung7news.com/wp-content/uploads/2018/11/WhatsApp-Image-2018-11-15-at-19.01.48-150x150.jpegRedaksi 4KoreaPelayanan PublikPembangunanPemerintah KabupatenPerdagangan & IndustriPertambangan | EnergiTanggamusKorea,Lampung,PLTA,Tanggamus,Way SemakaTANGGAMUS | PT. Tanggamus Elektronik Power (TEP), PLTA Semaka 2X28 MW Secara simbolis di resmikan, oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE, MM., di blok 10, Register 39, Pekon Sidomulyo, Kecamatan Semaka, Kamis (15/11). Dewi Handajani dengan sapaan akrabnya mengatakan, penghargaan dan terima kasih serta ucapan selamat datang kepada Mr....