Mustafa Ingatkan Perusahaan di Lampung Tengah, Bayar Pajak

Lampung Tengah | Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa mengingatkan perusahaan-perusahaan besar di Lampung Tengah agar dapat membayar pajak di Lampung Tengah, khususnya pajak pribadi, PPH 21 dan PPH 25.

Hal ini ditegaskan Mustafa dalam acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemkab Lampung Tengah dengan Kanwil Dirjen Pajak Bengkulu & Lampung di graha BKD Lamteng, Selasa, 23/8/2016.

Perusahaan, kata dia, diharapkan tidak hanya fokus mencari penghasilan di tanah Lamteng, tetapi juga mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat. Sehingga keberadaan-keberadaan perusahaan berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

“Kontribusi tersebut dapat dilakukan dengan membayar pajak di Lamteng. Kedepan saya minta seluruh perusahaan harus membayar pajak pribadinya di Lamteng, tidak ke Jakarta, Metro, atau Bandar Lampung. Ini akan terus kami pantau, yang patuh akan kami beri apresiasi,” ungkap bupati.

Sementara perusahaan yang tidak patuh, sebut Mustafa, akan dievaluasi dan tidak menutup kemungkinan akan diberhentikan izin operasinya atau ditutup. Ia optimis, pembayaran pajak akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Lamteng hingga 70 persen.

“Ada ratusan perusahaan di Lamteng, mukai dari skala nasional hingga internasional. Tapi sejauh mana kontribusi perusahaan untuk daerah? Inilah yang akan kita evaluasi. Jangan hanya fokus mengambil PBB yang notabene pajaknya masyarakat kecil, perusahaan besar juga harus berkontribusi,” tegasnya.

Menurut Mustafa, pajak merupakan sektor paling potensial untuk meningkatkan pendapatan daerah. Ia mencontohkan APBN sebesar 1827 triliun, 1500 triliun berasal dari sektor pajak. Sisanya sekitar 200 triliun dari pendapatan-pendapatan lainnya.

Hal ini menjadi bukti bahwa pajak merupakan keran pendapatan paling besar daerah.

“Karenanya ini harus menjadi perhatian bagi kita semua. Mari bersama-sama kita membangun Lampung Tengah dengan berkontribusi membayar pajak. Gunung Madu,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Pajak Dirjen Bengkulu dan Lampung, Rida Handanu, mengapresiasi langkah yang diambil Bupati Mustafa dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah.

“Hal ini menjadi bukti semangat kepala daerah dalam membangun daerah. Tentunya ini harus kita sambut baik. Mari bersama-sama kita menyisihkan sebagian pendapatan kita untuk pembangunan daerah kita,” ujarnya.

Adanya tax amnesty, Rida mengajak agar perusahaan memanfaatkan program tersebut. Ini merupakan upaya pemerintah pusat dalam  meningkatkan peran perusahaan dalam membayar pajak.

“Tax Amnesty adalah pengampunan pajak yang  menjadi kebijakan pemerintah guna meningkatkan peran perusahaan membayar pajak. Mari kita manfaatkan program ini, sehingga kita menjadi insan atau lembaga-lembaga yang taat pajak,” pungkasnya.

| Arif L7

Ikuti berita gratis selengkapnya di Channel/Saluran BBM Lampung7news dan scan barcode ini.

Berita lainnya

Zahroni harus rela mobil pick-upnya di gondol kawanan pencuri

TELUK PANDAN | Spesialis pencuri kendaraan roda empat jenis mobil pick-up kembali beraksi di Kecamatan Teluk Pandan. Peristiwa ini menimpa, Zahroni (46) warga Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan harus rela mobil pick-upnya di gondol kawanan pencuri pada. Jum’at (21/06) pagi empat hari yang lalu. Akibat kejadian ini korban merugi sekitar Rp. 60 juta. Dirinya mengetahui jika […]

0 comments

PTM Sulit Disembuhkan, Dinkes Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular

Metro | Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro Bekerjasama dengan Dinkes Provinsi Lampung, gelar Sosialisasi Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular (PTM), di gedung Barakah Meeting Room Yosodadi Metro Timur, senin (24/6/2019). Sosialisasi dibuka Asisten 1 Pemda Kota Metro Ridwan, dihadiri perwakilan Dinkes Provinsi Lampung, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, Kepala UPT Puskesmas dan lintas […]

0 comments

Bentuk Kader Pelajar Yang Mandiri, IPM Lampung Timur Adakan Leadership Of Camp

Lamtim | Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kabupaten Lampung Timur mengadakan leadership of camp (kemah kepemimpinan) di Way Bungur, 21 sampai 23 Juni 2019. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pelajar Muhammadiyah tingkat SMP dan SMA sederajat seluruh Lampung Timur ini merupakan kemah kepemimpinan pelajar kedua yang diadakan oleh IPM Lampung Timur. Kegiatan yang dibuka pada Jumat […]

0 comments

Hendry Sihaloho-Dian Wahyu Pimpin AJI Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG | Hendry Sihaloho dan Dian Wahyu Kusuma terpilih memimpin Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandar Lampung periode 2019-2022. Mereka meraih suara terbanyak dalam Konferensi Kota (Konferta) VII AJI Bandar Lampung di Aula PKBI, Telukbetung, Sabtu, 22/6/2019. Konferta memunculkan tiga paket calon ketua dan sekretaris AJI Bandar Lampung. Ketiganya, Hendry-Dian, Wandi Barboy Silaban-Dian, dan Wandi-Hendry. […]

0 comments

Bawaslu Lamtim Menetapkan KPU Lamtim Bersalah

Sukadana | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung Timur telah menetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Timur bersalah atas dua dugaan pelanggaran sekaligus. Putusan  sidang dugaan pelanggaran administratif terkait Ketua dan anggota KPU Lamtim  dengan  cara menyatakan memenuhi syarat 3 nama bakal calon anggota  DPDRD  Lampung Timur. Jumat 21/06/209 Sidang yang digelar di Sekertariat Bawaslu Lampung […]

0 comments

Dua Atlet Catur Bandar Lampung Wakili Indonesia di Age Group Chess Championship 2019

Bandar Lampung | Dua atlet berbakat dari kota Bandar Lampung yang akan bertanding di Age Group Chess Championship 2019 Kuala Lumpur, Malaysia, Aulia Putri Nabila dan Alfanza Eka Wijaya kini memasuki pemusatan latihan di Sekolah Catur Lampung, Bandar Lampung. Sebab kurang dari 2 bulan mendatang kedua atlet ini akan menghadapi atlet-atlet pilihan terbaik dari negara-negara […]

0 comments

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *