Cara Menghapus Iklan di HP Android; Aplikasi, Game, dan Browser

Ada dua cara “ampuh” dalam menghilangkan iklan di hp Android yang muncul di dua lokasi utama, browser dan aplikasi atau game.

LAMPUNG7NEWS

Tekhnologi | Iklan di hp Android biasanya muncul di dua lokasi: browser dan aplikasi atau game. Di aplikasi, biasanya nongol bila menjalankan game atau aplikasi gratisan, sedangkan di browser muncul jika tak menggunakan peramban yang mendukung fitur blokir iklan. Lantas, bagaimana cara menghapus iklan di hp Android? Iklan, kendati menyebalkan, sebenarnya cukup “membantu” bila dilihat dari sudut pandang lain.

Iklan saat ini tampil cukup relevan dengan apa yang dibutuhkan pengguna, seturut informasi yang mereka cari atau butuhkan. Google, salah satu penyedia iklan menjelaskan, mereka menggunakan cookie untuk membuat iklan yang dilihat pengguna lebih relevan bagi mereka.

Misalnya saat menelusuri informasi “hp Xiaomi murah,” maka Google akan menampilkan iklan dengan “kata kunci” itu di hasil penelusuran, atau di laman lain termasuk aplikasi dan game, yang memanfaatkan iklan Google sebagai media monetisasi.

Namun, jika iklan yang muncul terasa mengganggu, pengguna pun bisa “menyingkirkannya” dengan beberapa langkah mudah. Berikut ini cara menghapus iklan di hp Android di dua lokasi utama, yakni aplikasi dan browser.

Cara menghapus iklan di aplikasi Android

Menurut laman XDA Developers dikutip Selasa (15/1/2019), cara menghapus iklan di hp Android untuk aplikasi–termasuk game–bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pemblokir iklan. Ada tiga aplikasi yang ditawarkan, namun hanya satu di antaranya yang disarankan. Tiga aplikasi tersebut yaitu AdGuard, AdAway, dan Adblock Plus.

Untuk AdGuard, aplikasi ini terdiri dari dua varian, yakni AdGuard for Android dan Adguard Content Blocker. Varian pertama memungkinkan untuk memblokir semua iklan yang muncul di aplikasi, game, termasuk browser.

AdGuard

Hebatnya lagi, AdGuard for Android bisa dipakai untuk perangkat non-rooted, namun tersedia opsi premium atau berbayar. Adapun AdGuard for Android tak tersedia di Google Play Store dan hanya bisa diunduh di laman resminya. Kunjungi tautan berikut ini untuk download sekaligus memelajari cara penggunaan aplikasi tersebut.

Sementara Adguard Content Blocker, aplikasi ini hanya menghilangkan iklan di peramban Yandex Browser dan Samsung Internet Browser. Adguard Content Blocker tersedia gratis di Google Play Store dan bisa diunduh di alamat ini. Patut diingat, Adguard Content Blocker tak menghilangkan iklan yang muncul di aplikasi dan game.

AdAway dan Adblock Plus

Adblock Plus semula memiliki fungsi mirip dengan AdGuard for Android namun kini telah berganti hanya menghilangkan iklan di peramban tertentu, seperti Adguard Content Blocker. Adblock Plus tak menjelaskan alasannya, tapi disinyalir lantaran tak sesuai dengan kebijakan Google. Sekadar informasi, AdGuard for Android semulai tersedia di Google Play Store.

AdGuard menjelaskan, Google memiliki kebijakan “aneh” terhadap aplikasi pemblokir iklan dan tak mengizinkan tersedia di toko aplikasinya. Aplikasi ini pun dihapus dari Google Play Store pada 25 November 2014.

Kembali ke Adblock Plus, aplikasi ini kini hadir dalam dua varian yang memiliki fungsi sama, memblokir iklan di aplikasi peramban tertentu, yakni Adblock Plus for Samsung Internet – Browse Safe dan Adblock Browser for Android.

Aplikasi pertama bekerja di peramban Samsung Internet, sedangkan aplikasi kedua berupa peramban mandiri dari Adblock. Adapun Adblock Plus for Samsung Internet – Browse Safe bisa diunduh di Google Play Store pada tautan berikut ini, sedangkan Adblock Browser for Android dapat di-download di tautan berikut.

Kedua aplikasi ini bisa diunduh gratis untuk perangkat non-rooted maupun rooted. Untuk AdAway, tidak disarankan kendati ampuh memblokir iklan yang nongol di aplikasi, game, maupun browser, lantaran khusus untuk perangkat rooted.

Patut digarisbawahi, aksi rooted akan membuat garansi perangkat hangus. Informasi lebih lanjut bisa kunjungi laman berikut ini.

Cara menghapus iklan di browser Android

Untuk menghilangkan iklan di browser Android, beberapa aplikasi sudah disebutkan di atas, seperti Adguard Content Blocker, Adblock Plus for Samsung Internet – Browse Safe, dan Adblock Browser for Android. Apabila tidak cocok dengan tiga aplikasi itu, maka bisa memanfaatkan aplikasi lain, misalnya Opera Mini atau Firefox Focus.

Opera Mini sangat berpengalaman di industri peramban mobile sejak Android belum eksis, zaman ponsel Java atau Symbian. Ketika OS “robot ijo” menggeliat, Opera terus mengembangkan teknologi perambannya dengan penambahan fitur mutakhir, salah satunya pemblokiran iklan.

Tak hanya ampuh menghilangkan iklan di perambannya, Opera Mini juga tersemat fitur Save Data yang diklaim menghemat konsumsi data mencapai 90 persen.

Menurut Google Play Store, aplikasi ini memiliki jumlah unduhan mencapai 100 juta kali. Tak perlu pengaturan khusus, saat berselancar di jagat maya menggunakan Opera Mini, maka otomatis semua iklan akan tak ditampilkan. Download gratis di sini.

Firefox Focus merupakan salah satu aplikasi peramban mobile unggulan dari Mozilla. Selain menangkal iklan, aplikasi ini juga mengedepankan unsur privasi dengan memblokir web trackers.

Hasilnya, menjelajah laman web jadi lebih cepat lantaran iklan tak di-load termasuk data yang dikonsumsi ringan. Firefox Focus memiliki jumlah angka unduhan mencapai 5 juta kali dan bisa di-download gratis di sini.

Mengapa iklan muncul?

Iklan merupakan satu dari sekian sumber pendapatan pemilik situs web, termasuk pengembang aplikasi dan game. Khusus untuk aplikasi dan game, iklan biasanya nongol di versi gratisan atau freemium.

Di aplikasi dan game tertentu, developer menawarkan opsi premium tanpa iklan melalui skema in-app purchase atau pembelian item di dalam aplikasi. Namun harganya pun kadang tak murah. Kehadiran sebuah iklan sebenarnya turut mendukung pemilik atau pengembang aplikasi untuk terus berkarya, karena itu merupakan kompensasi atas jerih payah mereka.

Namun terkadang iklan-iklan ini mengganggu antarmuka saat menjalankan game atau aplikasi termasuk saat mengakses laman web. Akibatnya, pengguna pun tak jarang mengeluhkan soal ini dan mencari solusinya dalam cara menghapus iklan di hp Android. | red/tirto.id

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *