Social Media Exchange Website - Likenation
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Pewarta: Ekli

Mesuji | Beberapa program pro-rakyat yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui tangan hangat Bupati Mesuji Khamami, tampaknya menjadi jurus jitu dalam membangun Mesuji.

Meski memiliki Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) terkecil dibandingkan 13 kabupaten dan 2 kota pada urutan kedua di Provinsi Lampung. Gerak percepatan pembangunan dan program-program pro-rakyat disegala lini sudah sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat setempat, baik disektor pertanian, perikanan, pemberian santunan anak yatim sampai pembangunan infrastruktur.

Terkait itu, Khamami didampingi Wakil Bupati Mesuji Hi. Saply TH, bersama Kepala Dinas PUPR Mesuji Najmil Fikri dan Kepala Bidang Bina Marga (BM) Wawan Suhendra dilokasi pekerjaan jalan Laen Concrete (LC) yang berlokasi di Desa Muara Tenang, Kecamatan Mesuji Timur, Senin, 10/9 mengatakan.

Pembangunan LC merupakan kegiatan inovasi yang dilakukan oleh Pemkab Mesuji, karena anggaran APBD Mesuji terkecil dibandingkan 13 kabupaten 2 kota pada urutan kedua di Provinsi Lampung.

Mengingat kemampuan keuangan dengan anggaran yang kecil, pemkab harus berupaya dan berusaha bagaimana memanfaatkan uang tersebut supaya bisa di kelola dengan baik, salah satunya dengan melakukan pembangunan LC yang dikerjakan secara swakelola.

Menurut Khamami, jalan di Mesuji adalah jalan kabupaten baru yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan, apalagi mobil yang melintas cukup luar biasa melibihi kapasitas overload (overweight) “Jadi kita harus memikirkan bagaimana merumuskan jalan yang siap untuk ditingkatkan,” terangnya.

Tahun ini, Mesuji menargetkan pembangunan jalan Lean Concrete sepanjang 100 Km dengan lebar 7 meter dengan ketebalan 15 Cm. Jika memungkinkan ditahun berikutnya, pekerjaan LC akan ditambah volume sepanjang 149 Km dan akan ditingkatnya menjadi Rigid Pavement.

Terkait tekhnis pekerjaan, Khamami menjabarkan.
Untuk pengadaan material seperti semen, pasir dan batu dilakukan oleh pihak ketiga (kontraktor), akan tetapi untuk pengelolaan bahan material tersebut tetap dilakukan oleh pihak Pemerintah Mesuji.

Karena, jelas Khamami, pemkab Mesuji sudah memiliki alat yang cukup lengkap seperti truck mixer sebanyak 6 unit, excavator, motor grader, vibro roller, bigho loader, dan dump truck (tanki air) yang bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan itu.

Kemudian untuk tenaga pekerjanya, pemkab Mesuji merekrut dan melibatkan masyarakat setempat dengan melakukan kerjasama ke pihak Lembaga Pengadaan Jasa Konstruksi untuk melatih mereka.

Tambah Khamami, di Kabupaten Mesuji masih cukup banyak warga yang tidak memiliki latar belakang pendidikan. Untuk itu, dirinya terus berfikir bagaimana merumuskan dan mengakomodir perlakuan mereka supaya bisa bekerja.

“Kasihan kan mereka, kalau gak punya ijazah kan tidak bisa kerja dikantor, sementara tuntutan hidup semakin tinggi,” jelasnya.

Sambungnya, dalam membangun jalan swakelola ini, jika dihitung secara ekonomis dibandingkan dengan kontraktual atau dikerjakan oleh pihak ketiga jauh lebih murah, bahkan tingkat efisiensi nya bisa mencapai 40 – 60 persen.

“Sampai saat ini pekerjaan baru mencapai 20 kilo, “Insya Allah target pekerjaan LC tahun ini bisa tercapai,” terangnya.

Selain itu, terkait keberhasilan Khamami mengelola anggaran dengan APBD kecil tapi mampu memberikan program-program pro-rakyat, ternyata menarik simpatik pihak kabupaten tetangga yang ingin melihat secara langsung datang ke Kabupaten Mesuji.

“Ya, banyak pihak kabupaten lain yang sudah datang kesini untuk melihat secara langsung maupun untuk melakukan diskusi. Yang pasti Kabupaten Mesuji walau APBD nya kecil, sangat pro-rakyat sekali dan sangat berpihak pada masyarakat. Inilah tujuannya kabupaten ini berdiri. Walaupun sedikit kami tetap bekerja maksimal, semaksimal mungkin. Semangat bupati tidak pernah surut, walaupun kulit semakin keriput untuk membangun daerah ini,” ujarnya.

http://www.lampung7news.com/wp-content/uploads/2018/09/WhatsApp-Image-2018-09-11-at-14.30.21.jpeghttp://www.lampung7news.com/wp-content/uploads/2018/09/WhatsApp-Image-2018-09-11-at-14.30.21-150x150.jpegRedaksi 1MesujiPembangunanPemerintah KabupatenPewarta: Ekli Mesuji | Beberapa program pro-rakyat yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui tangan hangat Bupati Mesuji Khamami, tampaknya menjadi jurus jitu dalam membangun Mesuji. Meski memiliki Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) terkecil dibandingkan 13 kabupaten dan 2 kota pada urutan kedua di Provinsi Lampung. Gerak percepatan pembangunan dan program-program pro-rakyat...Surat Kabar Online

Tulis1