Metro | Pemeritah Kota Metro melalui Badan Pengelola Pajak dan Ristribusi Daerah (BPPRD) telah membangun sistem aplikasi yang ditujukan untuk penatausahaan seluruh pajak daerah secara online.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPRRD Kota Metro Arif Joko Arwoko, dimana selama ini telah teraplikasi pajak online di Kota Metro antara lain Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dan PBB-P2.

“Dan untuk 2019 ini, akan direncanakan penambahan aplikasi 3 jenis pajak Daerah yakitu pajak hotel, restoran dan BPHTB,”ucap Arif Joko, pada lampung7news.com diruang kerjanya, jum’at (18-01-2019).

Lebih lanjut dijelaskannya, ini juga dalam rangka pelaksanaan Perda Kota Metro nomor 02 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Perda Kota Metro nomor 02 tahun 2012 tentang pajak daerah khususnya pada pasal 79 D dan Peraturan Walikota Metro nomor 30 tentang penerapan sistem online terhadap pajak daerah di Kota Metro.

“Dalam rangkaian penatausahaan pajak daerah, ada 3 pekerjaan besar yang harus dilakukan yakni Pendataan yang akan menghasilkan data wajib pajak, kemudian Penetapan yang prosesnya berupa penetapan secara jabatan dan Pembukuan yang akan menghasilkan laporan realisasi dan hasil evaluasi,” ujar Arif Joko.

Dari seluruh wajib pajak di Kota Metro terdapat 10 wajib pajak yang telah bersedia untuk menjadi contoh penatausahaan pajak daerah dengan sistem aplikasi online, yakni Hotel Family 2, Hotel Nuban, Hotel Citra 2, Hotel Citra 3, Hotel Grand Sekuntum, RM Pondok 21, RM Bengkel Perut, RM Sate Saleh, RM Pawon Mas dan RM Putri Minang.

“Kami berharap kepada 10 wajib pajak tersebut, selain dapat menjadi contoh, nantinya juga akan menjadi percontohan terkait pemasangan alat monitoring transaksi (Typing Box). Hal ini pula selanjutnya akan kita terapkan kepada wajib pajak hotel dan restoran di Kota Metro,” pungkas Arif Joko. | (Abs).

http://www.lampung7news.com/wp-content/uploads/2019/01/18.1-10-Wajib-Pajak-Hotel-dan-Restoran-Siap-Jadi-Percontohan-Pajak-Online-Kota-Metro-2019-e1547830778581.jpghttp://www.lampung7news.com/wp-content/uploads/2019/01/18.1-10-Wajib-Pajak-Hotel-dan-Restoran-Siap-Jadi-Percontohan-Pajak-Online-Kota-Metro-2019-150x150.jpgRedaksi 2DinasEkonomiLampungMetroPelayanan PublikPemerintah KotaPemerintahanPerpajakanMetro | Pemeritah Kota Metro melalui Badan Pengelola Pajak dan Ristribusi Daerah (BPPRD) telah membangun sistem aplikasi yang ditujukan untuk penatausahaan seluruh pajak daerah secara online. Hal tersebut disampaikan Kepala BPRRD Kota Metro Arif Joko Arwoko, dimana selama ini telah teraplikasi pajak online di Kota Metro antara lain Pajak Penerangan...